Survailan akreditasi perpustakaan UMMI
  • 24 Januari 2024
  • Administrator
  • berita
  • 399 Kali Dilihat

Survailan akreditasi perpustakaan UMMI

Oleh Yanti Sundari, S.Sos., M.I.Kom

Pada tanggal 20 Desember 2023, perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) telah dilakukan survailan oleh asesor perpustakaan nasional RI. Survailan merupakan kegiatan meninjau kembali setelah dilakukan visitasi sebelumnya sehingga adanya kesinambungan perkembangan yang dilakukan oleh asesi atau perpustakaan tersebut. Menurut Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Pedoman Akreditasi Perpustakaan, surveilans adalah kegiatan pemantauan dan evaluasi pada perpustakaan yang telah terakreditasi.Surveilans sebagaimana dimaksud dilakukan oleh Asesor paling sedikit 1 (satu) kali dalam masa berlaku Sertifikat Akreditasi dan dilakukan dengan peninjauan Perpustakaan terakreditasi untuk mengetahui konsistensi penerapan Standar Nasional Perpustakaan dalam penyelenggaraan dan pengelolaan Perpustakaan.

Tim asesor yang melakukan survailane ke perpustakaan UMMI diantaranya Dra. Hj. Ika Candrawulan, Dra.Mulyani, Wildan Nirmala, S.Sos., M.M. Dalam sambuatannya, Dra. Hj. Ika Candrawulan menyampaikan kedatangan tim asesor untuk melihat perkembangan perpustakaan UMMI setelah tahun 2022 dilakukan visitasi akreditasi dengan nilai A. Kegiatan survailan perpustakaan ini dibuka oleh wakil rektor 1 bidang akademik dan akreditasi, Dr. Asep Muhamad Ramdan, S.E., M.M. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kedatangan asesor untuk melakukan survailance kepada perpustakaan UMMI, dengan adanya penilaian ini menjadi acuan penilaian dari eksternal kampus yang dapat memberikan masukan bagi perpustakaan UMMI untuk meningkatkan kualitasnya semakin baik lagi.

Penilaian survailance menggunakan 9 komponen akreditasi yang berlaku meskipun akreditasi perpustakaan UMMI dilakukan pada tahun 2022 yang masih menggunakan 6 komponen. Namun hasil dari survailance ini menunjukan penilaian dengan 9 komponen ini semuanya meningkat. Perpustakaan UMMI berupaya terus meningkatkan kualitasnya melalui pencapaian indicator instrument akreditasi, meskipun masa berlaku sertifikat akreditasi perpustakaan tahun 20227 namun seiiring perjalanannya perpustakaan UMMI melakukan penilaian internal menggunakan 9 komponen akreditasi dalam merencanakan program kerja tahunan. Keberhasilan ini menjadi komitmen bersama tim perpustakaan dan pimpinan Universitas Muhammadiyah Sukabumi yang terus berupaya dan memberikan dukungan secara bertahap untuk perkembangan perpustakaan.

 

Konten Terkait :

Komentar :