Program Studi Agribisnis Semester 7 Mengikuti Kelas Literasi Informasi Strategi Penelusuran Informasi dan Sitasi Menggunakan Mendeley Reference Manager di Perpustakaan UMMI
  • 06 Juni 2023
  • Administrator
  • berita
  • 720 Kali Dilihat

Senin 05 Juni 2023 - Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) Mengikuti Kelas Literasi Informasi khusus untuk mahasiswa Semester 7. Kelas yang bertemakan "Strategi Penelusuran Informasi dan Sitasi Menggunakan Mendeley Reference Manager" ini diadakan di Lantai 2 Perpustakaan UMMI. Materi tersebut disampaikan oleh Sani Zulviah, Kom. Dan dihadiri oleh 24 Mahasiswa Agribisnis serta turut hadir Dr. Endang Tri Astutiningsih, M.P., dan Dr. Reny Sukmawani M.P. S.P selaku dosen Program Studi Agribisnis

Kelas Literasi Informasi merupakan salah satu upaya dari Perpustakaan UMMI untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada mahasiswa mengenai pentingnya kemampuan literasi informasi di era digital ini. Dalam kelas ini, mahasiswa diajarkan tentang strategi penelusuran informasi yang efektif serta pentingnya sitasi dalam penulisan karya tulis ilmiah.

Mendeley Reference Manager, sebagai salah satu perangkat lunak manajemen referensi yang populer, menjadi fokus utama dalam kelas ini. Mahasiswa diajarkan tentang cara menggunakan Mendeley Reference Manager untuk menyimpan, mengatur, dan mengelola referensi serta menciptakan daftar sitasi yang akurat dalam penelitian mereka. Penggunaan Mendeley Reference Manager diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menyusun referensi dengan lebih efisien dan meningkatkan kualitas penulisan akademik mereka. Kelas berjalan dengan lancar, Namun terdapat beberapa mahasiswa yang belum tepat pada saat mengunduh aplikasi Mendeley sehingga proses instalasi diulang.

Dalam kelas ini, mahasiswa Agribisnis Semester 7 diberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya akurasi dan integritas sitasi dalam penelitian. Mereka juga diberi pengetahuan tentang berbagai sumber informasi yang dapat digunakan dalam penelitian di bidang agribisnis, termasuk jurnal ilmiah, buku, laporan riset, dan sumber-sumber online lainnya. Melalui pemahaman ini, diharapkan mahasiswa mampu melakukan penelusuran informasi dengan lebih efektif dan memahami pentingnya sitasi yang tepat dalam mendukung argumen dan keabsahan karya ilmiah mereka.

Kelas Literasi Informasi Program Studi Agribisnis ini mendapatkan respon yang positif dari para mahasiswa. Mereka mengaku mendapatkan wawasan baru mengenai strategi penelusuran informasi dan manfaat penggunaan Mendeley Reference Manager dalam penulisan akademik mereka. Mahasiswa juga merasa terbantu dengan pemahaman yang diberikan mengenai pentingnya sitasi yang akurat dan cara menghindari plagiarisme.

Dengan adanya kelas literasi informasi semacam ini, Perpustakaan UMMI akan terus berupaya meningkatkan kemampuan literasi informasi mahasiswa dalam mengeksplorasi pengetahuan dan meningkatkan kualitas penulisan karya tulis ilmiah mereka.

Konten Terkait :

Komentar :