PENDAFTARAN DUTA BACA KOTA SUKABUMI TAHUN 2024 SUDAH DIBUKA!
  • 08 Desember 2023
  • Administrator
  • berita
  • 800 Kali Dilihat

PENDAFTARAN DUTA BACA KOTA SUKABUMI TAHUN 2024 SUDAH DIBUKA!

(Oleh: Miladia Fatimah Nur Safitri – Library of UMMI)

Jumat, 08 Desember 2023 14.00 WIB

Sukabumi (08/12/2023) – PENDAFTARAN DUTA BACA KOTA SUKABUMI TAHUN 2024 SUDAH DIBUKA! Paguyuban Duta Baca Kota Sukabumi kembali membuka pendaftaran untuk pemilihan Duta Baca Kota Sukabumi Tahun 2024. Informasi mengenai hal tersebut telah diunggah di media sosial Instagram @dutabacakotsi.

Syarat dan Ketentuan:

  1. Warga asli Kota Sukabumi berusia 19-22 tahun
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran: bit.ly/PendaftaranDutaBacaKotsi2024
  3. Pendidikan Minimal D3 atau sedang menempuh kuliah (dibuktikan dengan melampirkan scan Surat Keterangan Aktif Kuliah dari Perguruan Tinggi atau Ijazah jika sudah lulus)
  4. Melampirkan scan: KTP Kota Sukabumi, Surat Keterangan Sehat, *Surat Izin Orang Tua, *Surat Kesediaan Mengabdi di Paguyuban, dan Kartu Anggota Perpustakaan Daerah Kota Sukabumi.

*Format surat tertentu dapat diunduh di: bit.ly/PemilihanDutaBacaKotsi2024

  1. Scan Sertifikat Penghargaan/Prestasi (optional)
  2. Foto ukuran 4R berlatar putih full body (pakaian rapi formal)
  3. Foto ukuran 3 x 4 dan 4 x 6 berlatar merah (pakaian rapi formal)
  4. Menulis Essay dengan tema: “Peran Generasi Muda yang Literat, Kreatif, dan Inovatif dalam Mengaplikasikan 6 Literasi Dasar di Kota Sukabumi”.

Ketentuan penulisan Essay, yaitu:

  • Margin 4, 4, 3, 3 cm;
  • Font, Font Size, dan Spasi:
  • Judul Essay (Arial, ukuran 12, spasi 1, bold, center, setiap kata diawali huruf

    kapital)

-   Nama Penulis (Arial, ukuran 11, spasi 1, bold, center)

-   Paragraf Pembuka, Isi, dan Penutup (Arial, ukuran 12, spasi 1,5, justify)

           -   Daftar Pustaka (Arial, ukuran 12, spasi 1,15, justify, APA Style)

  1. Seluruh berkas persyaratan berbentuk soft-file tersebut digabungkan dalam bentuk RAR dengan ketentuan nama folder:

NAMA CALON FINALIS_ASAL KECAMATAN_PERGURUAN TINGGI

Contoh: ELISA KUSUMAH_WARUDOYONG_STH PASUNDAN

  1. Lalu kirim ke alamat Pos-Elektronik (email) Paguyuban: [email protected] Adapun untuk berkas persyaratan berbentuk tercetak (hard-copy) harap dibawa saat Taklimat Peserta setelah ditetapkan sebagai peserta terpilih.
  2. Membuat video kreatif berdurasi 60 detik tentang perkenalan diri dan kegiatan literasi yang pernah dilakukan. Unggah video melalui instagram dan mention: @dutabacakotsi @dispusip_kotsi (wajib mengikuti kedua akun instagram tersebut). Jangan lupa sertakan tagar (hashtag): #PemilihanDutaBacaKotaSukabumi2024 #DutaBacaKotaSukabumi #BersatuBergerakBerdampak
  3. Menggunakan Twibbon yang dapat diunduh di https://rb.gy/40p73o

(dengan caption yang telah tersedia) dan unggah ke feed instagram masing-masing.

Dengan jargon “Bersatu, Bergerak, Berdampak!” Paguyuban Duta Baca Kota Sukabumi memiliki visi misi untuk bersatu dan bergerak mewujudkan Kota Sukabumi sebagai Kota Literasi dan terus melahirkan prestasi di tingkat provinsi, serta dapat terus berdampak bagi diri sendiri, keluarga, sekolah/perguruan tinggi, dan masyarakat. Untuk itu Paguyuban Duta Baca Kota Sukabumi setiap tahun mengadakan Pemilihan Duta Baca Kota Sukabumi dalam rangka membantu upaya promosi literasi terutama yang dilakukan oleh anak muda yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan akselerasi inklusivitas literasi di Kota Sukabumi, serta untuk memilih dan menjadi saksi dari perwakilan Kota Sukabumi di Pemilihan Duta Baca Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dengan rekam jejak prestasi Kota Sukabumi di Tingkat Provinsi Jawa Barat yang tak dapat diragukan lagi, yaitu: 1) Juara II Duta Perpustakaan Jawa Barat (2017); 2) Finalis Duta Perpustakaan Jawa Barat (2019); 3) Juara III Duta Baca Jawa Barat (2020); 4) Juara II Duta Baca Jawa Barat (2021); 5) Juara I Duta Baca Jawa Barat (2022) dan Top 32 Duta Baca Jawa Barat (2022); 6) Juara Putri Inspiratif Duta Baca Jawa Barat (2023) dan Top 30 Duta Baca Jawa Barat (2023). Paguyuban Duta Baca Kota Sukabumi semakin semangat untuk kembali mengadakan Pemilihan Duta Baca Kota Sukabumi 2024. Dengan harapan dan tujuan bersama untuk terus melahirkan generasi yang cinta dengan literasi dan berprestasi guna meningkatkan minat gemar membaca dan membumikan literasi di masyarakat khususnya bagi generasi muda di Kota Sukabumi.

Semoga di tahun 2024 prestasi Duta Baca Kota Sukabumi di tingkat Provinsi Jawa Barat semakin gemilang dan Duta Baca terpilih dapat melaksanakan amanah dan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab. Salam Literasi!”, pungkas Ketua Paguyuban Duta Baca Kota Sukabumi. (*)

Konten Terkait :

Komentar :