UMMI Dorong Gerakan Literasi di Wilayah Sukabumi
  • 06 Februari 2024
  • Administrator
  • berita
  • 504 Kali Dilihat

UMMI Dorong Gerakan Literasi di wilayah Sukabumi

Oleh Yanti Sundari , S.Sos., M.I.Kom

 

Universitas Muhammadiyah Sukabumi memberikan kontribusinya dalam peningkatan literasi di wilayah Sukabumi dengan memfasilitasi sarana literasi yaitu UMMI Corner sebagai pojok baca perpustakaan dan Workshop Biblioterapi sebagai sharing knowledge kepada para pegiat literasi. Kegiatan Workshop biblioterapi dan penyerahan UMMI Corner ini dilaksanakan pada tanggal 6 Februari 2024 di Auditorium Universitas Muhammadiyah Sukabumi yang merupakan rangkaian kegiatan Milad UMMI yang ke-21 jatuh pada tanggal 13 Juni 2024. Kegiatan dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Dr Reny Sukmawani, M.P sekaligus penyerahan UMMI Corner kepada perwakilan penerima UMMI Corner yaitu Panti Asuhan UMMU Khadijah, Geger Bitung Kabupaten Sukanumi, SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi, SMA Negeri  4 Kota Sukabumi, SMA Negeri 5 Kota Sukabumi, dan SMKN 1 Kota Sukabumi.

Penyerahan UMMI Corner sebagai bentuk komitmen UMMI dalam mendorong peningkatan faslitas dalam mewujudkan peningkatan literasi di wilayah Sukabumi. UMMI Corner merupakan fasilitas pojok baca perpustakaan yang terdiri dari rak buku dengan desain khusus, papan nama “UMMI Corner” , Koleksi buku sesuai dengan kebutuhan pemustaka, aksesoris, Barcode informasi UMMI dan Permainan edukasi. Koleksi UMMI Corner dapat dilihat di opac jejaring yang sudah kami siapkan di website ummicorner.perpustakaan.ummi.ac.id.

Dalam Sambutannya, rektor menyampaikan UMMI berupaya untuk berkomitmen dalam peningkatan literasi di wilayah Sukabumi, dengan adanya program UMMI Corner di berbagai tempat dapat memfasilitasi dalam kegiatan peningkatan minat baca dan Workshop biblioterapi ini menjadi penting diikuti karena memberikan wawasan dan skill dalam meningkatkan kualitas hidup sesuai dengan salah satu tujuan dari terapi buku ini. Pemateri workshop Biblioterapi yaitu  Hj. Susanti Agustina, Ph.D, beliau adalah seorang pakar biblioterapi Indonesia dan juga dosen perpustakaan dan sains Informasi UPI. Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang peserta berasal dari pustakawan, pengelola perpustakaan, komunitas baca, mahasiswa, guru dan dosen.

Semoga dengan adanya kegiatan workshop biblioterapi dan penyerahan UMMI Corner dapat memberikan motivasi bagi berbagai pihak dalam mendukung gerakan literasi baik di sekolah, keluarga maupun di masyakat

Konten Terkait :

Komentar :