Layanan Ekstensi Perpustakaan?
  • 24 November 2023
  • Administrator
  • berita
  • 862 Kali Dilihat

Layanan Ekstensi Perpustakaan?

Oleh Syifa, S.I.Pust.

Layanan yang tersedia di perpustakaan tentunya tidak hanya mencakup layanan sirkulasi yakni, peminjaman buku, Pengembalian buku dan perpanjangan peminjaman serta layanan baca di tempat. Lebih luas lagi terdapat beberapa layanan yang seharusnya tersedia di perpustakaan sebagaimana tercantum dalam instrumen penilaian akreditasi diantaranya: Layanan sirkulasi, Baca di tempat, Informasi, Referensi, Konsultasi, Penelusuran, Literasi informasi, Penyediaan dokumen, Silang layan, Layanan ekstensi serta Layanan inovasi lainnya.

Layanan ekstensi akan terdengar sangat asing bagi orang diluar lingkup perpustakaan, sebetulnya apa yang dimaksud dengan layanan ekstensi? Dan seperti apa contoh layanannya? Dari asal kata sendiri dapat kita ketahui “Ekstensi” berasal dari Bahasa inggris “extension” yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia berarti “Perpanjangan”. Selanjutnya, layanan ekstensi di perpustakaan berarti layanan yang diberikan kepada pengguna yang dilakukan diluar lingkungan lembaga atau instansi perpustakaan. Layanan ekstensi merupakan salah satu layanan yang bertujuan untuk menunjang tercapainya layanan prima dan memperluas jangkauan pelayanan perpustakaan.

Perpustakaan UMMI sebagai lembaga perpustakaan Perguruan Tinggi, tentu memiliki layanan ekstensi salah satunya yang dinamakan “UMMI Corner” merupakan pojok yang menyediakan rak dan beberapa koleksi buku bacaan dengan desain khusus berlabel Universitas Muhammadiyah Sukabumi yang di tempatkan di sekolah SMA/SMK yang ada di kota Sukabumi. Corner ini juga digunakan oleh beberapa lembaga dimana corner yang dimilikinya sudah tersebar di seluruh Indonesia yaitu seperti “BI Corner” milik Bank Indonesia (BI) dan “SNI Corner” milik Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Konten Terkait :

Komentar :