Tim Perpustakaan UMMI Meraih Juara 2 Nasional Lomba Cerdas Cermat Perpustakaan
  • 05 Juni 2023
  • Administrator
  • berita
  • 646 Kali Dilihat

Minggu, 31 Mei 2023 - Tim Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) dengan bangga meraih posisi Juara 2 Lomba Cerdas Cermat Perpustakaan Tingkat Nasional. Sebelumnya babak penyisihan dilaksanakan melalui aplikasi zoom dan diikuti oleh puluhan tim perpustakaan dari berbagai Universitas Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di seluruh Indonesia. Pada babak penyisihan tersebut diambil tiga tim terbaik untuk ditandingkan kembali secara langsung di UNISA Yogyakarta. Alhamdulillah, Tim Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) masuk ke dalam tiga tim terbaik tersebut dan berhak melaju ke tahap grand final di UNISA Yogyakarta bersama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM).

Tim Perpustakaan UMMI berhasil mencapai prestasi gemilang ini setelah melewati serangkaian pertanyaan dan tantangan yang menuntut pengetahuan yang luas tentang Undang-Undang perpustakaan, akreditasi perpustakaan, standar nasional perpustakaan, sertifikasi pustakawan, soft skill pustakawan, etika profesi pustakawan, literasi informasi, pendidikan, dan keterampilan berpikir kritis. Lomba cerdas cermat perpustakaan ini bertujuan untuk mempromosikan pentingnya perpustakaan sebagai pusat pembelajaran dan pengetahuan di tengah masyarakat.

Dalam kompetisi yang ketat ini, Tim Perpustakaan UMMI menunjukkan kemampuan luar biasa mereka dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri. Mereka mampu menjawab dengan tepat dan memberikan penjelasan yang mendalam tentang berbagai topik yang berkaitan dengan perpustakaan modern, literasi digital, literasi informasi, revolusi industri 4.0, serta pengetahuan umum seputar dunia perpustakaan dan literasi.

"Kami sangat bangga dengan pencapaian Tim Perpustakaan UMMI ini. Mereka telah memberikan yang terbaik untuk perpustakaan UMMI. Prestasi mereka merupakan hasil dari kerja keras dan kerja sama tim yang solid. Semoga tahun ini menjadi masanya berprestasi " ujar Yanti Sundari, M.I.Kom. Kepala Perpustakaan UMMI.

Selain mendapatkan gelar juara 2, Tim Perpustakaan UMMI juga menerima hadiah berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan, serta tentunya relasi yang luas. Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Tim Perpustakaan UMMI, tetapi juga bagi seluruh sivitas akademika UMMI serta menjadi hadiah terindah untuk UMMI dalam milad UMMI yang ke-20 pada tanggal 13 Juni 2023

Dr. Yuni Sri Wahyuni, Wakil rektor 1 UMMI, dan beberapa dosen UMMI mengungkapkan kegembiraannya atas pencapaian ini. "Selamat perpustakaan UMMI. ini menunjukkan kualitas pustakawan UMMI dalam berkompetensi dengan perpustakaan yang lain. Perpustakaan adalah sarana penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang berkualitas, dan kami sangat bangga dengan kontribusi tim perpustakaan UMMI dalam pencapaian prestasi ini."

Tim Perpustakaan UMMI bertekad untuk terus meningkatkan kualitas perpustakaan, baik dalam hal koleksi, layanan, maupun penggunaan teknologi. Dengan harapan bahwa Perpustakaan UMMI dapat menjadi percontohan bagi perpustakaan di universitas-universitas lain di Indonesia. Serta, Tim Perpustakaan UMMI juga bertekad untuk terus menjadi pembelajar sepanjang hayat dan mencetak prestasi lainnya untuk mengembangkan diri lebih baik lagi.

Dengan pencapaian luar biasa ini, Tim Perpustakaan UMMI telah membuktikan bahwa kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas, serta kekompakan dan kerja sama tim yang dilakukan oleh Tim Perpustakaan UMMI merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan dalam memajukan perpustakaan dan literasi di Indonesia. Semoga prestasi ini dapat menginspirasi pustakawan muda terutama generasi muda untuk semakin peduli dan terlibat dalam dunia perpustakaan, serta memajukan literasi demi membantu mewujudkan kecerdasan bangsa.

Salam Literasi

Konten Terkait :

Komentar :