PERAN SAHABAT PERPUSTAKAAN TERHADAP PENGEMBANGAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN UMMI
  • 21 November 2023
  • Administrator
  • berita
  • 490 Kali Dilihat

PERAN SAHABAT PERPUSTAKAAN TERHADAP PENGEMBANGAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN UMMI


Oleh: Pipit Fitriani, S.I.Pust.  


Pengembangan koleksi? Mendengar istilah yang satu ini mungkin masih sedikit asing di telinga sahabat perpustakaan, namun sebenarnya tahukah bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan inti di sebuah perpustakaan termasuk di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), dan secara tidak langsung sahabat perpustakaan sendiri pernah ikut berperan dalam kegiatan ini.

Lalu, apa sih itu pengembangan koleksi?
Seperti yang kita ketahui, bahwa perpustakaan merupakan sebuah institusi yang mengumpulkan, mengelola dan menyediakan sumber informasi, yang mana dengan adanya perpustakaan ini berfungsi sebagai sarana dalam upaya proses transfer informasi, sehingga informasi yang ada dapat bermanfaat bagi semua orang. Dalam dunia akademik dalam hal ini di UMMI hadirnya perpustakaan menjadi suatu hal yang bersifat sangat penting, karena berperan sebagai suatu unit kerja yang dapat menunjang pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) yaitu pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan Al-Islam Kemuhammadiyahan. Yang tentunya dalam pelaksanaan Chatur Dharma tersebut, perpustakaan hadir untuk ikut berperan aktif dengan cara memberikan berbagai layanan kepada pengguna salah satunya dengan menyediakan koleksi yang baik dan memadai sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan berbagai jenis koleksi yang tidak hanya terbatas dalam bentuk tercetak, namun juga dalam bentuk non cetak (digital). 
Secara sederhana, pengembangan koleksi ini merupakan suatu proses kegiatan yang bersifat kompleks, yang dalam pelaksanaanya perlu dilakukan secara terorganisasi dengan baik dan terstruktur, yang mana dalam hal ini terdapat berbagai hal yang perlu untuk diperhatikan yakni mulai dari analisis kebutuhan pengguna, kebijakan seleksi, seleksi, pengadaan, penyiangan (mengeluarkan koleksi yang tidak layak) sebagai upaya  penyegaran terhadap koleksi, dan tahap terakhir yakni dilakukannya proses evaluasi. Kegiatan ini dilakukan oleh perpustakaan agar koleksi lebih dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi yang akurat, relevan, up to date, manarik serta dapat memberikan kemudahan pada pemakai dalam menggunakan koleksi.

Lalu, peran apa yang dapat sahabat perpustakaan ambil dalam pengembangan koleksi?
Nah… sebagaimana yang telah disinggung di awal, bahwa tentunya sahabat Perpustakaan UMMI ikut berperan dalam proses pengembangan koleksi ini. Dari berbagai komponen proses pengembangan koleksi setidaknya terdapat 2 diantaranya  yang dapat sahabat ambil yakni pertama, ikut berperan dengan cara memberikan rekomendasi koleksi apa saja yang perlu Perpustakaan UMMI lakukan pengadaan, yang mana hal ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi pustakawan dalam upaya pengadaan (akuisisi) koleksi agar sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga koleksi yang disediakan benar-benar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin; kedua sahabat Perpustakaan UMMI juga dapat mengambil peran dalam proses pengadaan (akuisisi) itu sendiri, dengan cara apa? Nah… dalam sebuah proses pengadaan koleksi perpustakaan, tidak hanya terbatas melalui cara pembelian saja, perlu sahabat ketahui juga bahwa proses pengadaan kolesi dapat dilakukan melalui pembelian, tukar-menukar koleksi antar perpustakaan, penerbitan sendiri, silang layan, maupun melalui hibah atau hadiah. Nah… sahabat perpustakaan dapat berperan dengan cara menghibahkan koleksi ke Perpustakaan UMMI, koleksi yang dimaksud dapat berupa buku hasil karya tulis sendiri, maupun juga buku yang sahabat miliki dan sudah selesai dibaca, namun memiliki keinginan agar ilmu yang sahabat dapatkan dari buku yang telah dibaca, juga dapat dirasakan manfaatnya oleh orang lain dengan tentunya mempertimbangkan kelayakan dari fisik koleksi itu sendiri.
Lalu bagaimana cara untu melakukan proses 2 peran tersebut? Pertama untuk memberikan rekomendasi pengadaan koleksi sahabat dapat mengisi menu Pesan Buku yang tersedia pada website Perpustakaan UMMI (https://perpustakaan.ummi.ac.id/pesan-buku), sedangkan untuk memberikan hibah (sumbangan buku) dapat menghubungi kontak WhatsApp di nomor:  0895 6088 28100 (untuk konfirmasi) dan menemui pustakawan pengembangan koleksi di ruang pengolahan lantai 1 Perpustakaan UMMI untuk proses serah terima koleksi.

Nah… itulah sedikit informasi terkait Pengembangan Koleksi di Perpustakaan UMMI, semoga bermanfaat. Salam literasi…!
Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya terkait Perpustakaan UMMI silahkan follow IG: @perpustakaanummi dan subscribe channel youtube: LIBRARY OF UMMI (@libraryummi9270).


    
    

Konten Terkait :

Komentar :