UMMI Membaca : Dalam Rangka Hari Kunjung Perpustakaan
  • 14 September 2022
  • Administrator
  • berita
  • 855 Kali Dilihat

Tanggal 14 September merupakan hari kunjung perpustakaan secara nasional. Peringatan ini menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat untuk melakukan kegiatan membaca. Pemerintah Kota Sukabumi memberikan edaran mengenai hari kunjung perpustakaan ini diantaranya : kegiatan membaca serentak pada pukul 09.00-09.15 dan melakukan kegiatan membaca selama bulan september. Universitas Muhammadiyah Sukabumi dalam kalender akademik  sealu mencantumkan hari kunjung perpustakaan sehingga dengan adanya komitmen ini, pada tanggal 14 September Perpustakaan UMMI melakukan kegiatan dalam meningkatkan kunjungan dan mendorong minat baca sivitas akademika UMMI. Kegiatan yang dilakukan oleh perpustakaan UMMI pada hari kunjung perpustakaan tahun ini yaitu UMMI Membaca. UMMI Membaca merupakan kegiatan membaca serempak yang dilakukan oleh sivitas akademika di lingkungan UMMI pada jam 09.00-09.15. Sivitas akademika UMMI membaca buku dengan koleksi perpustakaan baik tercetak maupun ebook yang terdapat di UMMI Digital Library. 

UMMI Membaca di area perpustakaan UMMI dihadiri oleh wakil rektor 1, ibu Dr. Yuni Sriwahyuni, M.T melakukan kegiatan membaca serentak bersama pengguna perpustakaan. Setelah selesai kegiatan membaca, Ibu Yuni menyampaikan sambutannya bahwa kegiatan membaca ini tidak hanya menjadi seremony saja namun dapat diaplikasikan dalam kegiatan rutinitas sehar-hari dan beliau berharap hasil dari membaca ini dapat diwujudkan dalam resensi buku yang dibaca. Perpustakaan UMMI berkolaborasi dengan duta literas UMMI mempersiapkan pohon literasi, di mana setelah membaca buku bisa langsung memberikan catatan pada stick note yang sudah disiapkan kemudian ditempel di pohon literasi. Perpustakaan UMMI juga berkolaborasi dengan LLC (Library Lovers Comunity) untuk mengajak sivitas akademika ke perpustakaan melakukan kegiatan hari kunjung perpustakaan. 

Tak hanya kegiatan membaca dan menulis, perpustakaan UMMI menyediakan kopi dan teh hangat agar pengguna perpustakaan betah berlama-lama di perpustakaan. Kegiatan hari kunjung perpustakaan yang dilakukan oleh perpustakaan ini dimeriahkan dengan bibliobattle dan pemberian reward untuk pengunjung dan peminjam teraktif kategori dosen, mahasiswa dan tendik. Dengan berbagai kegiatan terseut diharapkan dapat meningkatkan pengunjung perpustakaan dan meningkatkan kesadaran untuk membaca buku. Karena dengan membaca maka kita akan membuka cakrawala dunia. Salam (Yanti)

Konten Terkait :

Komentar :