Peran Alih Media Dalam Melestarikan Koleksi Karya Ilmiah Sivitas Akademika UMMI
  • 11 Januari 2023
  • Administrator
  • berita
  • 1198 Kali Dilihat

Pada era globalisasi dan kemajuan IPTEK khususnya teknologi informasi dan komunikasi, perpustakaan harus memberikan layanan penyediaan informasi yang cepat, tepat, dan real time kepada pengguna. Hal ini dapat dicapai dengan memanfaatkan fasilitas komputer, jaringan internet, dan koleksi perpustakaan yang sudah dialih media ke dalam bentuk digital. Perpustakaan di era saat ini merupakan salah satu lembaga yang sistem kerjanya didominasi dengan teknologi yang membantu dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Perpustakaan UMMI termasuk ke dalam jenis perpustakaan hibrida, yaitu koleksinya terdiri dari bentuk cetak dan elektronik. Sekarang ini dibagian koleksi Karya Ilmiah UMMI sedang dilakukan alih media menggunakan alat pemindai (scanner) yang nantinya seluruh koleksi karya ilmiah tercetak di UMMI akan dialih media ke dalam bentuk digital.

Alih media merupakan kegiatan melestarikan koleksi dengan mengalih bentuk koleksi tercetak menjadi format file. Koleksi yang dialihmediakan yaitu koleksi karya ilmiah tercetak, meliputi KTI, LTA, Skripsi dan Tesis sivitas akademika UMMI. Kegiatan pelestarian koleksi pustaka berupa skripsi telah dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi, sehingga cara pelestarian dengan jilid telah berkembang menjadi sistem digital. Kegiatan alih media digital yang akan dikemas ke dalam format softfile, nantinya akan ditampilkan dalam bentuk flipping book. Pada saat proses alih media, perpustakaan menjalankan 2 (dua) fungsi, yaitu fungsi informasi dan fungsi pelestarian. Fungsi informasi artinya perpustakaan sebagai sumber yang menyediakan informasi, sedangkan fungsi pelestarian berarti kandungan informasi dalam koleksinya terjaga serta bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Alih media ini sebenarnya sangat diperlukan, mengapa?, karena sebagai salah satu upaya dalam melestarikan koleksi. Ada beberapa keuntungan dalam alih media koleksi, antara lain memudahkan penyebaran informasi (diseminasi) kepada pemustaka, menghemat ruangan, dan juga dalam proses temu kembali informasi lebih mudah sehingga lebih efektif dan efisien dalam proses pencarian data. Alih media diharapkan dapat menjadi solusi yang cukup menjanjikan di masa depan.

Written by Fuji Amalia Nurani, S.I.Pust.

Konten Terkait :

Komentar :