• 23 Januari 2024
  • Administrator
  • berita
  • 343 Kali Dilihat

"Repository of UMMI: Menyimpan Kearifan Pengetahuan Ilmiah"

Oleh: Sani Zulviah, S.Kom.

Dalam era digital ini, akses terhadap pengetahuan dan informasi sangatlah penting. Internet telah menjadi pusat sumber daya pengetahuan, dan banyak institusi pendidikan serta lembaga akademik berusaha untuk membuat informasi dan penelitian mereka dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja. Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) melalui perpustakaan, menjadi salah satu institusi yang telah mengambil langkah ini dengan mendirikan repositori. Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi apa itu Repository of UMMI, yang dapat ditemukan di https://www.eprints.ummi.ac.id.

Repository of UMMI adalah platform digital yang membantu layanan perpustakaan UMMI dalam mengelola dan menyebarkan karya akademik atau karya ilmiah yang dihasilkan oleh sivitas akademika. Karya tersebut dapat berupa: Tugas Akhir, Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Tesis, dan Disertasi; Makalah untuk Seminar, Simposium, Konferensi, atau Workshop; Laporan Hasil Penelitian, Laporan Pengabdian Masyarakat, dan Karya Ilmiah lainnya; Pidato Pengukuhan; Artikel yang dipublikasikan di Jurnal Nasional dan Internasional; dan Publikasi Internal Kampus, seperti Jurnal Kampus. Repositori ini dibuat dengan tujuan untuk mendorong dan mempermudah akses ke pengetahuan yang dihasilkan oleh sivitas akademika UMMI, baik untuk masyarakat umum maupun para akademisi.

Apa Manfaat Repository of UMMI?

  1. Akses Terbuka: Repository of UMMI adalah sumber daya terbuka yang memungkinkan siapa saja untuk mengakses berbagai jenis karya ilmiah secara gratis. Namun, kebijakan akses terbuka untuk KTI, skripsi, tesis, dan disertasi masih terbatas pada cover, lembar pengesahan pembimbing, bab I, dan bab akhir.
  2. Menyimpan Pengetahuan: Repository of UMMI memungkinkan untuk mengarsipkan dan melestarikan pengetahuan yang dihasilkan sivitas akademika.
  3. Ketersediaan Informasi: Hasil karya ilmiah UMMI lebih mudah diakses karena penyimpanan digital. Hal ini dapat meningkatkan pengaruh dan dampak penelitian yang dihasilkan oleh sivitas akademika UMMI.
  4. Memfasilitasi Penelitian: Repository of UMMI dapat menjadi sumber inspirasi dan referensi bagi mahasiswa, peneliti, dan akademisi dalam mengembangkan penelitian. Dengan akses terhadap beragam topik, ini dapat memperkaya penelitian di berbagai bidang ilmu.

Repository UMMI sangat penting untuk memfasilitasi akses terbuka terhadap pengetahuan dan penelitian yang dihasilkan oleh sivitas akademika UMMI. Platform online ini memungkinkan pengetahuan yang disimpan oleh UMMI dapat diakses oleh siapa saja di seluruh dunia. Ini adalah langkah positif dalam mengedukasi, menginspirasi, dan memajukan penelitian serta pengetahuan di berbagai bidang ilmu. Anda dapat memulai eksplorasi Repository of UMMI dengan mengunjungi https://www.eprints.ummi.ac.id.

 

Konten Terkait :

Komentar :