TALK SHOW KEPUSTAKAWANAN IPI KOTA SUKABUMI DISELENGGARAKAN SECARA HYBRID DI AUDITORIUM UMMI
  • 26 Oktober 2022
  • Administrator
  • berita
  • 215 Kali dilihat

Rabu tanggal 26 Oktober 2022, Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) dan DISPUSIPDA Kota Sukabumi, melaksanakan kegiatan Talk Show Kepustakawanan. Talk Show tersebut mengangkat tema “Transformasi Pustakawan: Paradigma Baru Membangun Insan Mandiri” dan dilaksanakan secara hybrid yaitu luring (di Auditorium UMMI) maupun daring (melalui Zoom Meeting dan Youtube Streaming UMMI).

Dengan narasumber, yaitu Bapak T. Syamsul Bahri, S.H., M.Si. (Ketua UMUM PD IPI Pusat) dan Ibu Dr. Yuni Sri Wahyuni, ST., M.T., IPP. (Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Sukabumi). Adapun target partisipan luring maupun daring masing-masing sebanyak 100 orang, terdiri dari: Pengurus dan Anggota PD IPI Kota dan Kabupaten Sukabumi; Pengurus dan Anggota PD IPI se-Jawa Barat; Pengurus dan Anggota PD IPI se-Indonesia; Pengelola Perpustakaan SD/SMP/SMA/Perguruan Tinggi maupun Perpustakaan Kelurahan/Kecamatan Kota/Kabupaten Sukabumi; Pegiat Literasi Kota/Kabupaten Sukabumi; dan Tamu Undangan.

Jumlah partisipan yang mengikuti kegiatan ini secara luring yaitu lebih kurang 95 peserta dan secara daring yaitu 125 peserta (meskipun jumlah partisipan zoom naik turun), jumlah tersebut sudah termasuk seluruh pustakawan dan staf Perpustakaan UMMI. Antusias yang sangat luar biasa dari para partisipan, sehingga target partisipan pun terpenuhi.

Kegiatan talk show ini dimulai pada pukul 13.15 WIB sampai dengan 15.45 WIB. Kegiatan dibuka oleh Miladia Fatimah Nur Safitri, S.I.Pust. sebagai MC, lalu dilanjutkan dengan mendengarkan lagu wajib Indonesia Raya dan Mars Pustakawan. Selanjutnya, laporan kegiatan dan pembacaan Asta Etika Pustakawan oleh Kepala Perpustakaan UMMI selaku Ketua PD IPI Kota Sukabumi, yaitu Ibu Yanti Sundari, S. Sos., M.I.Kom. Lalu, sambutan sekaligus membuka acara yang disampaikan oleh Plt. Kepala DISPUSIPDA Kota Sukabumi yaitu Bapak Asep Suhendrawan, S.Sos. Lalu, pembacaan doa oleh PD IPI Kota Sukabumi, yaitu Bapak Heri Saeful Bahri, S.Pd.

Sebelum menginjak ke acara utama, Pihak PD IPI Pusat diwakili oleh Ketua Umum PD IPI Pusat, yaitu Bapak T. Syamsul Bahri, S.H., M.Si. menyerahkan buku secara simbolis untuk Pemerintah Kota Sukabumi (DISPUSIPDA Kota Sukabumi) dengan diwakili oleh Plt. Kepala DISPUSIPDA Kota Sukabumi, yaitu Bapak Asep Suhendrawan, S.Sos.

Selanjutnya yaitu pemaparan materi Talk Show Kepustakawanan dengan tema “Transformasi Pustakawan: Paradigma Baru Membangun Insan Mandiri” dipandu oleh moderator yaitu Ibu Yanti Sundari, S.Sos., M.I.Kom., dengan Narasumber, yaitu Bapak T. Syamsul Bahri, S.H., M.Si. (Ketua UMUM PD IPI Pusat) dan Ibu Dr. Yuni Sri Wahyuni, ST., M.T., IPP. (Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Sukabumi).

Narasumber memaparkan materi mengenai gambaran pustakawan dulu dan sekarang, memberikan motivasi dan semangat untuk para pustakawan maupun pengelola perpustakaan, berdiskusi membahas Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) dan Pustakawan, dan diakhiri dengan closing statement. Lalu, ada tiga orang partisipan yang bertanya dan diberikan doorprize persembahan Grafika Perpustakaan UMMI.

Kegiatan talk show ini diakhiri dengan pembagian Link Presensi dan Link Materi oleh Zoom Host. Lalu, foto bersama dan penutupan yang dipandu oleh Miladia Fatimah Nur Safitri, S.I.Pust., selaku MC.

Semoga kegiatan serupa dapat terus berjalan, baik dilaksanakan oleh Perpustakaan UMMI maupun IPI Kota Sukabumi ataupun bekerja sama kembali untuk melaksanakan berbagai kegiatan literasi (khususnya) di Kota Sukabumi. Salam Literasi!

Konten Terkait :

Komentar :