Studi Banding Staf Perpustakaan UMMI ke Perpustakaan UNIKOM dan UNPAD
  • 01 Juni 2014
  • Administrator
  • berita
  • 1551 Kali Dilihat

Senin, 1 Juni 2014, pustakawan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) melakukan studi banding ke Perpustakaan Universitas Komputer Bandung (UNIKOM). Tujuan kegiatan ini untuk melakukan pengamatan terhadap kegiatan operasional dan sistem layanan di perpustakaan yang dikunjungi. Dengan kunjungan ini diharapkan dapat memberikan suasana baru, membangkitkan motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja sebagai pustakawan, dapat saling bertukar pengalaman antar pustakawan, dan diharapkan informasi yang diperoleh dari hasil kunjungan tersebut dapat dijadikan alat evaluasi kinerja pustakawan dan layanan perpustakaan bagi pemustaka.

Pustakawan UMMI yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 5 orang disertai dua orang mahasiswa. Terdiri dari Kepala Perpustakaan, bagian pengolahan karya ilmiah, pengolahan buku dan jurnal, layanan sirkulasi, serta mahasiswa  yang merupakan Tim IT perpustakaan UMMI. Kedatangan pustakawan UMMI disambut baik oleh Kepala Perpustakaan Unikom, yaitu Ibu Ubudiyah dan sebagian besar karyawan perpustakaan. Kegiatan diawali dengan acara saling bertukar informasi secara umum di ruang pertemuan. Setelah itu diarahkan ke bagian layanan, sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilakukan sehari-hari.

Banyak hal didapat dari studi banding tersebut, diantaranya adalah informasi mengenai sistem pengadaan buku, pengolahan berbagai koleksi baik buku maupun jurnal dan koleksi tugas akhir mahasiswa. Juga informasi mengenai data base online yang dilanggan oleh Perpustakaan UNIKOM.

Konten Terkait :

Komentar :