Perubahan Fitur Turnitin di Universitas Muhammadiyah Sukabumi: Mendorong Kemandirian Mahasiswa dalam Pengecekan Tugas Akhir
  • 20 November 2023
  • Administrator
  • berita
  • 580 Kali Dilihat

Perubahan Fitur Turnitin di Universitas Muhammadiyah Sukabumi: Mendorong Kemandirian Mahasiswa dalam Pengecekan Tugas Akhir
Oleh : Sani Zulviah, S.Kom.

Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) telah melanggan layanan Turnitin mulai tahun 2017. Namun, pada september 2023, UMMI dihadapkan pada perubahan signifikan dalam fitur Turnitin yang dilanggan. Perubahan ini terjadi dikarenakan adanya penghapusan fitur pada layanan Turnitin sebelumnya oleh pihak penyedia layanan, sehingga mendorong UMMI untuk beralih ke Turnitin yang menyediakan fitur student. Perubahan ini tidak hanya mempengaruhi aspek teknis, tetapi juga mengubah ketentuan proses pengecekan tugas akhir mahasiswa di Turnitin yang mulai diberlakukan per 1 November 2023.

Dengan adanya fitur student, memberikan kewenangan kepada mahasiswa untuk secara mandiri melakukan proses pengecekan tugas akhir menggunakan akun Turnitin. Dalam proses ini, tugas dosen pembimbing memiliki peran penting dalam memastikan file yang diunggah sesuai dengan tugas akhir yang telah diverifikasinya.

Sebelumnya, mahasiswa tingkat akhir di UMMI melakukan proses verifikasi plagiarisme melalui OK3S (one click 3 services) dengan pelibatan petugas perpustakaan dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Kini, proses ini berubah menjadi proses validasi plagiarisme yang menjadi layanan eksklusif LPPM di OK3S (one click 3 services).

Mahasiswa yang ingin melakukan validasi plagiarisme diwajibkan mengunggah File Hasil Pengecekan (FHP) dari Turnitin, disertai surat keterangan pengecekan plagiarisme yang diperoleh dari dosen pembimbing 1. Langkah ini memastikan bahwa setiap tugas akhir telah melewati proses pengecekan secara teliti.

Untuk mendukung perubahan fitur ini, Perpustakaan UMMI telah melakukan sosialisasi dan pelatihan Turnitin bagi dosen, serta sosialisasi prosedur karya tulis ilmiah bagi mahasiswa tingkat akhir. Selain itu, perpustakaan menyediakan video tutorial Turnitin yang dapat diakses melalui kanal YouTube Library of UMMI. Berikut adalah tautan video tutorial:

  1. Pembukaan Turnititin & Set up Account Instructor
  2. Pembuatan Class & Assignment
  3. Submit File Instructor
  4. Set up Account dan Submit File untuk Student

Diharapkan, melalui upaya sosialisasi, pelatihan, dan tutorial video ini, baik dosen maupun mahasiswa dapat memiliki pemahaman yang sama mengenai perubahan fitur Turnitin. Hal ini diharapkan dapat mencegah terjadinya perbedaan persepsi dalam proses penyelesaian Turnitin tugas akhir mahasiswa UMMI. Keberhasilan implementasi fitur student diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pengecekan plagiarisme tugas akhir di UMMI.

Konten Terkait :

Komentar :