Kelas Literasi Informasi
  • 18 Januari 2023
  • Administrator
  • berita
  • 1127 Kali Dilihat

Pada hari Senin, 12/05/2023 sekitar pukul 09.00-11.00 WIB Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) telah melakukan kegiatan Kelas Literasi Informasi kepada Mahasiswa Semester 5 – Program Studi D3 Perpajakan yang bertempat di lantai 2 Perpustakaan. Peserta dihadiri oleh 11 orang, Adapun pemateri pada kegiatan tersebut diisi oleh Ibu Sany Zulviah, S.Kom. selaku staf Perpustakaan UMMI

Materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut membahas tentang "Sitasi menggunakan Mendeley Reference Manager dan Plagiarisme" KBBI mendefinisikan sitasi (kutipan) sebagai “kegiatan pengambil alihan satu kalimat atau lebih dari karya tulisan lain untuk tujuan ilustrasi atau memperkokoh argumen dalam tulisan sendiri". Pemateri menyampaikan beberapa manfaat sitasi yang diantaradapat menegaskan isi uraian, Membuktikan kebenaran dari sebuah pernyataan yang dibuat oleh penulis, Memperlihatkan kepada pembaca mengenai materi dan teori yang digunakan oleh penulis, Mengkaji interpretasi penulis terhadap suatu bahan atau teori kutipan yang digunakan dan menunjukkan bagian atau aspek di dalam topik yang dibahas.

Adapun definisi Plagiarisme Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008 adalah Pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat) sendiri. Disini juga pemateri menyampaikan ada beberapa jenis-jenis plagiarisme seperti : Plagiarism Kata Demi Kata, Plagiarism Kepengarangan, Plagiarism Atas Sumber dan Self Plagiarism.

Kegiatan berjalan dengan lancar, dan tidak ada kendala apapun. Harapan dari pemateri semoga para mahasiswa bisa memahasi Sitasi menggunakan Mendeley Reference Manager dan Plagiarisme agar memperlancar proses penyusunan skripsi.

Written by Nurfahmi Azmi, S.I.Pust.

Konten Terkait :

Komentar :