DISKUSI LITERASI FINANSIAL : MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK GENERASI ZILENIAL
  • 09 Desember 2022
  • Administrator
  • berita
  • 917 Kali Dilihat

Sukabumi, perpustakaan.ummi.ac.id Jum'at (25/11/2022) Perpustakaan UMMI telah melaksanakan Kegiatan DIKSI atau singkatan dari "Diskusi Literasi" yang dilaksanakan pada hari Jum'at 25 November 2022 yang bertemakan “Literasi Finansial Manajemen Keuangan untuk Generasi Zilenial. Narasumber pada kegiatan ini diisi oleh ibu TIna Kartini, S.E., M.E.SY.,S.A.S. yang merupakan Dosen Program Studi Akuntansi UMMI dan di moderatori oleh Ibu Willani, S.Pd. dari perpustakaan UMMI. Generasi Zilenial ini lahir diantara tahun 1995 sampai 2010. 

Yang artinya generasi ini sudah berusia 12 tahun sampai 27 tahun yang keberadaannya ada yang duduk dibangku sekolah, kuliah dan ada pula yang sudah bekerja atau menikah. Ada beberapa Ciri-ciri Generasi Zilenial yang diantaranya: Generasi paling gak sabaran, Generasi Instan, Mengumbar Privasi, Tidak memiliki tabungan, Cemas dan Overthingking. Berdasarkan penelitian Generasi Zilenial ini memiliki Masalah kebiasaan Alokasi seperti 35% untuk liburan, 25% Nongkrong, 20% Makan, 13% Fashion, 7% Investasi.

Sehingga dengan kebiasaan ini Generasi Zilenial Tidak mempunyai pos-posan keuangan dan lebih mementingkan gaya hidup. Narasumber pada kegiatan ini memberikan beberapa tips mengelola keuangan bagi Generasi Zilenial yang diantaranya: Catat pengeluaran, Buat rencana bulanan, Batasi penggunaan cc, Tabungan dana darurat, Menabung dana pensiun, Lunasi semua hutang, Mulai investasi, Rutin menabung dan catat komponen pengeluaran harian, Bulanan, Tahunan dan mendadak. Adapun harapan dari Narasumber Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan literasi finansial pengguna perpustakaan yang sebagian besar merupakan Generasi Zilenial untuk pengelolaan keuangan agar lebih baik

Written by Nurfahmi Azmi

Konten Terkait :

Komentar :