Literasi Digital Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Di Era Pasca Pandemi
  • 02 Februari 2023
  • Administrator
  • berita
  • 1008 Kali Dilihat

Sukabumi, perpustakaan.ummi.ac.id Jum'at (25/11/2022) Perpustakaan UMMI telah melaksanakan Kegiatan DIKSI Series 2 atau singkatan dari "Diskusi Literasi" yang dilaksanakan pada hari Kamis 26 Januari 2023 pukul 13.30 s.d 14.30 WIB yang bertemakan “Literasi Digital Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Di Era Pasca Pandemi". Pemateri pada kegiatan ini diisi oleh Luthpi Saepuloh, M.PD yang merupakan Dosen Pendidikan Teknologi Informasi UMMI dan di moderatori oleh Ibu Willani, S.Pd. dari perpustakaan UMMI. Peserta pada kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa, staf perpustakaan, dan juga dosen

Pada kegiatan ini pemateri menyampaikan definisi dari konsep kualitas hidup yang dikutip dari (World bank,2021) , Konsep kualitas hidup sangat krusial mengingat pembangunan tidak hanya diukur melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga dapat memperlihatkan kondisi ketimpangan, kemiskinan dan variabel makro lainnya. Adapun menurut Badan Pusat Statistik, tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk indonesia bulan september 2022 yaitu 0,381 Gini Ratio. Bila Gini Ratio = 0, ketimpangan pendapatan merata sempurna, artinya setiap orang menerima pendapatan yang sama dengan yang lainnya. Bila Gini Ratio = 1, ketimpangan pendapatan timpang sempurna atau pendapatan itu hanya diterima oleh satu atau satu kelompok saja dan yang lainnya tidak sama sekali dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tahun 2022 mencapai 72,91 dengan kategori sangat tinggi.

Dikutip dari Departement of Finance Canada 2021, Konsep kualitas hidup merupakan hal yang penting mengingat kebutuhan mendasar manusia yang merupakan tolak ukur kualitas hidup dibutuhkan untuk mencapai pembangunan manusia yang berkualitas. Peningkatan kualitas hidup ditandai dengan peningkatan taraf hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, meningkatkan kapabilitas diri dan memberikan pengaruh bagi pembangunan nasional. Adapun rata-rata upah buruh indonesia per bulan Agustus 2022 adalah 3,07 juta rupiah perbulan.

Berdasarkan indeks literasi digital indonesia yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunkasi dan Informatika (Kemkominfo) dan katadata Insight Center (KIC) pada 2021, indeks literasi digital indonesia berada diangka 3,49. Angka tersebut menempatkan indonesia dalam kategori sedang, dengan skor indeks 0 sampe 5, mengacu laporan dari McKinsey pada 2019, diperkirakan pada 2030 akan ada sekitar 23 juta pekerjaan yang tergeser oleh otomatisasi.

Written By Nurfahmi Azmi

Konten Terkait :

Komentar :