Perpustakaan UMMI Gelar
  • 02 Juni 2022
  • Administrator
  • berita

Menulis merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang produktif. Seseorang dapat mengemukakan ide, gagasan, dan perasaan melalui tulisan dengan memerhatikan kaidah penulisan yang baik. Keterampilan menulis ini tidak datang secara otomatis, melainkan melalui beberapa tahap serta didukung dengan latihan yang intensif. Ada banyak contoh keterampilan menulis yang akrab dengan kehidupan sehari-hari, misalnya: menulis buku, karya ilmiah, artikel populer, esai, laporan, resensi, rangkuman, karya sastra, komik, dan cerita.

Atas dasar tersebut, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi akan mengadakan Workshop Penulisan Buku bekerja sama dengan Suara Muhammadiyah dan MPI (Majelis Pustaka dan Informasi) PP Muhammadiyah, sebagai langkah untuk mengembangkan keilmuan dan kreativitas Civitas Akademika UMMI khususnya dan juga umumnya untuk seluruh partisipan yang hadir. Adapun sponshorsip yang berpartisipasi pada kegiatan ini, yaitu Penerbit RajaGrafindo Persada.

Workshop ini dilaksanakan pada hari Kamis, 02 Juni 2022. Perpustakaan UMMI melaksanakan Workshop Nasional Penulisan Buku melalui daring (Zoom Meeting) dengan pemateri, yaitu Bapak Roni Tabroni (Wakil Ketua MPI PP Muhammadiyah) dan Bapak Aditya Pratama (Wakil Direktur Divisi Media dan Publikasi Suara Muhammadiyah). Target partisipan sebanyak 200 orang, terdiri dari : Civitas Akademika UMMI (Dosen, Mahasiswa, Tenaga Kependidikan); Pengurus dan Anggota PD Aisyiyah Kota dan Kabupaten Sukabumi; Pengurus dan Anggota PD Aisyiyah se-Jawa Barat; Pengurus dan Anggota PD Aisyiyah se-Indonesia; Pengurus dan Anggota FPPTMA se-Jawa Barat; Pengurus dan Anggota FPPTMA se-Indonesia; Pengurus dan Anggota Paguyuban Duta Baca Kota Sukabumi; Pegiat Literasi Kota/Kabupaten Sukabumi; Pengelola Perpustakaan Kota/Kabupaten Sukabumi; Pengurus dan Anggota Library Lovers Community (LLC). Jumlah partisipan yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih 98 peserta (meskipun jumlah partisipan zoom naik turun), jumlah tersebut sudah termasuk seluruh pustakawan dan staf Perpustakaan UMMI.

Kegiatan workshop ini dimulai pada pukul 08.30 WIB sampai dengan 11.40 WIB. Kegiatan dibuka oleh Miladia Fatimah Nur Safitri, S.I.Pust. sebagai MC, lalu dilanjutkan dengan mendengarkan lagu wajib Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah, dan Mars ‘Aisyiyah. Selanjutnya, sambutan dari Kepala Perpustakaan UMMI, Ibu Yanti Sundari, S. Sos., M.I.Kom. Lalu, sambutan sekaligus membuka acara yang disampaikan oleh Wakil Rektor I UMMI, Ibu Dr. Yuni Sri Wahyuni, ST., M.T., IPP.. Lalu, pembacaan doa oleh Pustakawan Perpustakaan UMMI, yaitu Bu Pipit Fitriani, S.I.Pust. Serta, dokumentasi kegiatan.

Selanjutnya yaitu pemaparan materi “Penulisan Buku” oleh Narasumber, yaitu Bapak Roni Tabroni (Wakil Ketua MPI PP Muhammadiyah) dan Bapak Aditya Pratama (Wakil Direktur Divisi Media dan Publikasi Suara Muhammadiyah). Pemaparan materi oleh narasumber tersebut dipandu oleh moderator, yaitu Ibu Neneng Kartika Rini, S.P., M.P. (Dosen UMMI).

Narasumber memaparkan materi dimulai dengan menjelaskan Penerbitan Buku, Penerbit Suara Muhammadiyah (PSM), Beberapa Buku Terbitan PSM, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Penulisan Buku, Jenis-jenis Buku, Segmentasi, Sumber Tulisan, Inspirasi/Ide, Contoh-contoh Buku dari berbagai genre,  dan diakhiri dengan kesimpulan. Lalu ada beberapa partisipan yang bertanya mengenai cara menulis buku yang baik dan benar, tips trick dalam menulis buku, cara menerbitkan buku, dan sebagainya. Beberapa partisipan juga memiliki ketertarikan dengan materi dalam workshop ini, terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh para partisipan.

Kegiatan workshop ini diakhiri dengan permainan Quiz by Quizizz dan pengumuman 3 orang pemenang Quiz yang dipandu oleh Miladia Fatimah Nur Safitri, S.I.Pust., selaku MC. Lalu, pembagian Link Presensi, Link Materi, dan Link E-Sertifikat oleh Zoom Host dan acara pun ditutup oleh MC.

Kegiatan ini merupakan wujud pengaplikasian literasi informasi yang ada di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah ilmu pengetahuan, wawasan, relasi, dan tentunya dapat mengasah kemampuan menulis terutama dalam menulis buku. Sehingga peserta dapat menulis buku sesuai dengan teknik dan kaidah penulisan yang baik dan benar. Semoga workshop ini juga dapat melahirkan para penulis baru dengan warna baru di dunia kepenulisan. Serta diharapkan dapat menghasilkan output berupa buku yang menarik yang tentunya dihasilkan atas ide pemikiran pribadi maupun kelompok (antologi) dan dapat disebarluaskan, sehingga dapat dirasakan bersama kebermanfaatannya.

Sampai jumpa di kegiatan literasi lainnya. Salam Literasi!

Konten Terkait :

Komentar :