Perpustakaan UMMI Melaksanakan Agenda Bibliobattle Perdana di Bulan Ramadhan
  • 10 Mei 2022
  • Administrator
  • berita

Sukabumi, perpustakaan.ummi.ac.id- Kamis (14/04/2022) Pada bulan Ramadhan 2022 perpustakaan UMMI memiliki rangkaian agenda kegiatan yang dirangkum dalam program “Ramadhan bersama perpustakaan UMMI” salah satu kegiatan yang dilaksanakan yaitu Bibliobattle yang merupakan agenda perdana dari perpustakaan UMMI yang pelaksanaannya memanfaatkan fitur live pada Instagram perpustakaan (@perpustakaanummi). Permainan Bibliobattle mungkin masih terdengar cukup asing bagi sebagian orang, Sesuai dengan pengertian dan aturan mainnya di negeri matahari terbit sana, Bibliobattle adalah sebuah permainan meresensi buku di depan banyak orang dengan durasi tertentu. Orang yang menyampaikan resensi tersebut memiliki julukan sebagai "Bibliobattler" atau presenter buku. Bibliobattler akan meresensi buku yang disukainya atau bisa sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Dalam permainan ini, para Bibliobattler dan audiens dapat saling berinteraksi dan berdiskusi pada sesi tanya jawab untuk mengetahui lebih banyak isi buku. Yang menarik lainnya adalah, penjurian dilakukan melalui voting oleh audiens yang sudah mendengarkan resensi dari para Bibliobattler. Satu hal penting dari permainan ini adalah pemenang bukan ditentukan dari cara ia menyampaikan hasil resensi tapi berdasarkan isi buku, dimana yang dijadikan juara bukan presenternya/bibliobattlernya tapi bukunya, jadi buku yang dipilih banyak orang akan menjadi Champion Book of The Day.

Tema yang ditentukan perpustakaan UMMI pada kegiatan Bibliobattle kali ini yaitu “Buku yang Menginspirasi” dimana para Bibliobattler yang berjumlah tiga orang perwakilan mahasiswa yaitu: Wildan Khadarisman (Ketua DPM UMMI), Firhan Nurfaizi (Ketua HIMA Biologi) dan Nada Syiffa Qolbu (Wakil Ketua LLC) masing-masing menyampaikan review buku yang menginspirasi mereka dimana Wildan dengan bukunya yang berjudul “menjadi pemenang dalam kehidupan” karya Marjohan, Firhan dengan buku karya Henry Manampiring yaitu “Filosofi Teras” dan Syiffa dengan buku yang berjudul “into the magic shop” karya James R. Doty, MD.                 

Kegiatan Bibliobattle yang di moderatori oleh Syifa, S.I.Pust. ini,  berlangsung dengan lancar dan terlihat audiens baik yang menonton secara daring via live Instagram maupun yang mononton secara langsung di perpustakaan UMMI cukup antusias hal itu dapat dilihat dari pertanyaan serta diskusi antara audiens dan ketiga  Bibliobattler. Akhir acara ditutup dengan voting Champion Book of The Day yang dilakukan oleh peserta dan dimenangkan oleh buku “Filosofi Teras” karya Henry Manampiring.

Konten Terkait :

Komentar :