Perpustakaan UMMI Gelar Sosialisasi Plagiarisme dan Turnitin 2022 Secara Virtual:
  • 25 Mei 2022
  • Administrator
  • berita

Pada hari Rabu, 25 Mei 2022 Perpustakaan UMMI melaksanakan Sosialisasi Plagiarisme dan Turnitin melalui daring (Zoom Meeting) dengan pemateri, yaitu Ibu Sani Zulviah, S. Kom. (Tenaga Perpustakaan Bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi).

Target partisipan sebanyak 100 orang, terdiri dari : Ketua Prodi Universitas Muhammadiyah Sukabumi dan Seluruh Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi (khususnya Dosen Pembimbing). Jumlah partisipan yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih 48 peserta (meskipun jumlah partisipan zoom naik turun), jumlah tersebut sudah termasuk seluruh pustakawan dan staf Perpustakaan UMMI.

Kegiatan sosialisasi ini dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.40 WIB. Kegiatan dibuka oleh Miladia Fatimah Nur Safitri, S.I.Pust., sebagai MC, lalu dilanjutkan sambutan dari Ibu Yanti Sudari, S. Sos., M.I.Kom., selaku Kepala Perpustakaan UMMI. Lalu, sambutan lainnya yang disampaikan oleh Ibu Dr. Yuni Sri Wahyuni, ST., M.T., IPP., selaku Wakil Rektor I UMMI.

Selanjutnya yaitu Sosialisasi Materi Plagiarisme dan Turnitin oleh Pemateri, yaitu Ibu Sani Zulviah, S. Kom. (Tenaga Perpustakaan Bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi).

Pemateri memaparkan materi dimulai dengan menjelaskan mengenai Plagiarisme, Temuan Kecurangan Kasus Plagiarisme Mahasiswa, Turnitin, Sistem dan Penggunaan Turnitin, SOP Plagiarisme dan Turnitin,  serta diakhiri dengan kesimpulan. Lalu ada beberapa partisipan yang bertanya mengenai materi yang telah dijelaskan oleh Pemateri. Beberapa partisipan juga memiliki ketertarikan dengan materi dalam workshop ini, terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh para partisipan.

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan pembagian Link Presensi, Link Materi, dan Link E-Sertifikat oleh Zoom Host, yaitu Bu Fuji Amalia Nurani, S.I.Pust., dan acara pun ditutup oleh MC.

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi mengadakan kegiatan Sosialisasi Turnitin dan Plagiarisme ini untuk: Menegaskan kembali SOP Plagiarisme yang dikeluarkan oleh Perpustakaan UMMI; Langkah-langkah memperoleh Surat Keterangan Pengecekan Plagiarisme Skripsi/Tesis (SKPP); dan Sosialisasi mengenai teknis yang diterapkan Turnitin Perpustakaan UMMI.

Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi evaluasi bersama, agar tindak plagiat maupun plagiarisme di Universitas Muhammadiyah Sukabumi dapat berkurang bahkan terhapuskan. Ini semua merupakan tanggung jawab bersama demi mewujudkan akademisi-akademisi yang intelek dan bertanggung jawab terhadap karya ilmiah yang ditulis, serta agar menjawab segala miss komunikasi yang terjadi mengenai prosedur untuk mengunggah file di Turnitin guna memperoleh SKPP.

Semoga kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Perpustakaan UMMI ini dapat terus terlaksana dengan baik dan lebih tepat sasaran. Semoga kegiatan yang dilaksanakan dapat tersampaikan kebermanfaatannya sesuai dengan tujuan dan juga dapat menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan dapat disebarluaskan kepada yang lain khususnya Civitas Akademika UMMI. Meskipun masih ada beberapa kekurangan, semoga kedepannya kegiatan sosialisasi lainnya dapat terlaksana lebih baik lagi.

Salam Literasi !

Konten Terkait :

Komentar :