Perpustakaan UMMI Gelar
  • 19 April 2022
  • Administrator
  • berita
  • 1010 Kali Dilihat

Pada hari Selasa, 19 April 2022 Perpustakaan UMMI melaksanakan Workshop Penulisan Artikel di Media Massa melalui daring (Zoom Meeting). Kegiatan ini bekerja sama dengan Lembaga Kebudayaan Aisyiyah dan pemateri kegiatan ini berasal dari Suara Aisyiyah, yaitu Ibu Hajar Nur Setyowati, S.S., S.Thi., M.A. (Pimpinan Redaksi Suara ‘Aisyiyah). 

Target partisipan sebanyak 200 orang, terdiri dari : Civitas Akademika UMMI (Dosen, Mahasiswa, Tenaga Kependidikan); Pengurus dan Anggota PD Aisyiyah Kota dan Kabupaten Sukabumi; Pengurus dan Anggota PD Aisyiyah se-Jawa Barat; Pengurus dan Anggota PD Aisyiyah se-Indonesia; Pengurus dan Anggota FPPTMA se-Jawa Barat; Pengurus dan Anggota FPPTMA se-Indonesia; Pengurus dan Anggota Paguyuban Duta Baca Kota Sukabumi; Pegiat Literasi Kota/Kabupaten Sukabumi; Pengelola Perpustakaan Kota/Kabupaten Sukabumi; Pengurus dan Anggota Library Lovers Community (LLC).

Kegiatan workshop ini dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 11.40 WIB. Kegiatan dibuka oleh Bu Pipit Fitriani, S.I.Pust. sebagai MC, lalu dilanjutkan dengan mendengarkan lagu wajib Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah, dan Mars ‘Aisyiyah. Selanjutnya, laporan kegiatan dari Kepala Perpustakaan UMMI, Ibu Yanti Sudari, S. Sos., M.I.Kom.,  sebagai Ketua Lembaga Kebudayaan Pd Aisyiyah Kabupaten Sukabumi. Lalu, sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Ibu Dr. Hj. Himatul Aliyah selaku Ketua 1 PD Aisyiyah Kabupaten Sukabumi dan sambutan sekaligus membuka acara yang disampaikan oleh Bapak Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd. sebagai Rektor UMMI. Lalu, pembacaan doa oleh Pustakawan Perpustakaan UMMI, yaitu Ibu Sani Zulviah, S. Kom.

Selanjutnya yaitu pemaparan materi “Penulisan Artikel di Media Massa” oleh Narasumber, Ibu Hajar Nur Setyowati, S.S., S.Thi., M.A. (Pimpinan Redaksi Suara ‘Aisyiyah). Pemaparan materi oleh narasumber tersebut dipandu oleh moderator, yaitu Ibu Yanti Sudari, S. Sos., M.I.Kom.

Narasumber memaparkan materi dimulai dengan menjelaskan informasi di era digital, pengertian menulis, cara mencari ide, definisi artikel, langkah-langkah menulis, contoh-contoh kerangka tulisan, tips menulis, definisi berita, ragam dan jenis berita, rubrikasi di Suara ‘Aisyiyah,  dan diakhiri dengan kesimpulan. Lalu ada beberapa partisipan yang bertanya mengenai cara menulis artikel yang baik dan benar. Beberapa partisipan juga memiliki ketertarikan dengan materi dalam workshop ini, terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh para partisipan.

Kegiatan workshop ini diakhiri dengan permainan Quiz by Quizizz dan pengumuman 4 orang pemenang Quiz yang dipandu oleh Miladia Fatimah Nur Safitri, S.I.Pust. Lalu, pembagian Link Presensi, Link Materi, dan Link E-Sertifikat oleh Zoom Host dan acara pun ditutup oleh MC, yaitu Bu Pipit Fitriani, S.I.Pust.

Workshop penulisan artikel di media massa menjadi sebuah kebutuhan bagi dosen UMMI pada khususnya dalam menyebarkan keilmuannya melalui media masa. Begitu juga untuk kalangan akademisi sehingga mampu menyebarkan keilmuan secara luas yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Menulis artikel di media massa selain menyebarkan keilmuan melalui kepenulisan merupakan personal branding yang dapat memunculkan citra baik bagi penulis maupun institusi.

Kegiatan ini merupakan wujud pengaplikasian literasi informasi yang ada di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah ilmu pengetahuan, wawasan, relasi, dan tentunya dapat mengasah kemampuan menulis terutama dalam menulis artikel di media massa. Sehingga peserta dapat menulis artikel di media massa sesuai dengan teknik dan kaidah penulisannya yang baik dan benar. Serta diharapkan nantinya dapat menghasilkan output  berupa karya tulis yaitu artikel edukatif, informatif, menarik, dan faktual, yang diunggah dan disebarkan melalui berbagai platform di media massa. Salam Literasi!

Konten Terkait :

Komentar :