Perpustakaan UMMI Gelar Webinar
  • 21 Maret 2022
  • Administrator
  • berita

Pada hari Senin, 21 Maret 2022 Perpustakaan UMMI melaksanakan Webinar Pengenalan Naskah melalui daring (Zoom Meeting) dengan pemateri yaitu Dr. Fenty Sukmawaty, M. Hum (Dosen Sastra Inggris UMMI dan Ahli Filologi).

Partisipan yang hadir ialah para tamu undangan yang sudah diundang oleh Perpustakaan UMMI, di antaranya : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Sukabumi, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sukabumi, Forum TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Kota Sukabumi, Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Sukabumi, Paguyuban Duta Baca Kota Sukabumi, Pengelola Perpustakaan Kelurahan dan Kecamatan, dan Library Lovers Community (LLC) UMMI. Jumlah partisipan yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih 133 peserta (meskipun jumlah partisipan zoom naik turun), termasuk seluruh pustakawan dan staf Perpustakaan UMMI.

Kegiatan webinar ini dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.30 WIB. Kegiatan dibuka oleh Bu Syifa, S.I.Pust sebagai MC/Moderator, lalu dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Ibu Yanti Sundari, S. Sos., M.I.Kom. selaku Kepala Perpustakaan UMMI, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh pemateri, yaitu Ibu Dr. Fenty Sukmawaty, M. Hum. (Dosen Sastra Inggris UMMI dan Ahli Filologi).

Dalam sambutannya Ibu Yanti Sundari, S.Sos., M.I.Kom., menegaskan bahwa kegiatan webinar ini merupakan wujud dari literasi budaya yang menjadi program unggulan Perpustakaan UMMI dengan menghasilkan beberapa karya buku mengenai kearifan lokal. Dan diharapkan banyak partisipan yang akan bergabung dengan program literasi budaya Perpustakaan UMMI.

Selanjutnya pemaparan materi yang disampaikan oleh pemateri, yaitu Ibu Dr. Fenty Sukmawaty, M. Hum. Beliau memaparkan materi dimulai dengan menjelaskan definisi naskah menurut KBBI, definisi naskah kuno, isi naskah kuno, contoh naskah kuno, sikap kita terhadap naskah kuno selaku bangsa Indonesia, dan diakhiri dengan kesimpulan. Lalu ada beberapa partisipan yang bertanya mengenai naskah kuno ini. Beberapa partisipan memiliki ketertarikan dengan materi dalam webinar ini, terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh para partisipan.

Kegiatan webinar ini diakhiri dengan pembagian Link Presensi, Link Materi, dan Link E-Sertifikat oleh Zoom Host. Setelah webinar berakhir, Ibu Yanti Sundari, S. Sos., M.I.Kom., selaku Kepala Perpustakaan UMMI menyerahkan sertifikat pemateri kepada pemateri webinar, yaitu Ibu Dr. Fenty Sukmawaty, M. Hum. Dan didokumentasikan oleh Pak Nurfahmi Azmi, S.I.Pust.

Literasi budaya menjadi program unggulan Perpustakaan UMMI mulai tahun 2019 dengan menghasilkan beberapa karya buku mengenai kearifan lokal dan partisipan yang terlibatnya ialah dosen dan mahasiswa. Pada tahun ini dengan bekerja sama dengan dosen program studi Sastra Inggris, maka program literasi budaya mengembangkan kebermanfaatannya secara luas kepada masyarakat, supaya mampu mengenal naskah dan dapat mengidentifikasi naskah yang ada di sekitarnya.

Konsep literasi budaya yang dimulai dengan materi yang disampaikan, yaitu memperkenalkan naskah menjadi awal dalam proses pelestarian kearifan budaya lokal yang diharapkan ke depan dapat terkumpul naskah-naskah yang dapat dilakukan transliterasi dan disampaikan kepada masyarakat sebagai sharing informasi. Sehingga konsep dari program literasi budaya dapat terwujud dan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.

Konten Terkait :

Komentar :